Bacaan Do’a Qunut Lengkap

Bacaan Do’a Qunut Lengkap

Pengertian doa qunut ialah sebuah bacaan doa yang dibacakan ketika sholat subuh. Bacaan doa qunut biasanya dibacakan pada saat rakaat kedua sholat subuh setelah bangkit dari rukuk atau i’tidal. Namun selain dibacakan pada saat sholat subuh, bacaan doa qunut juga bisa dibacakan pada saat mengerjakan sholat witir. Karena hal tersebut juga pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW bersama dengan para sahabat.

Doa Qunut

 Bacaan Doa Qunut yang dilaksanakan sendiri

Allah hummah dini fiman hadait.
Wa’a fini fiman ‘afait.
Watawallani fiman tawalait.
Wabarikli fimaa a’tait.
Waqinii syarramaa qadzait.
Fainnaka taqdhi wala yuqdha ‘alaik. Waiinahu layadziluman walait. Walaa ya’izzuman ‘adait.
Tabaa rakta rabbana wata’alait.
Falakalhamdu ‘ala maaqadzait.
Astaghfiruka wa’atubu ilaik.
Wasallallahu ‘ala Saidina Muhammad. Wa’ala alihi wasahbihi Wasallam.

Artinya:

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

 Bacaan Doa Qunut yang dilaksanakan berjamaah

  1. Bacaan Doa Qunut ketika menjadi imam

untuk doa qunut ketika kita menjadi imam bacaannya ada sedikit perbedaan, berikut di bawah bacaan doa qunut ketika menjadi imam,

Allah humahdinii Diganti menjadi allah humah dina
wa’afini Diganti menjadi wa’afina
watawallani Diganti menjadi watawallana
wabarikli Diganti menjadi wabariklana
waqinii Diganti menjadi waqinaa

  1. Bacaan Doa Qunut ketika menjadi ma’mum

Bagai mana bacaan doa qunut ketika kita menjadi ma’mum?, Untuk bacaan doa qunut ketika kita menjadi ma’mum kita bahas dibawah ini,

Ketika imam mengangkat tangannya dan membaca doa qunut kita sebagai ma’mum harus mengikuti, angkatlah tanganmu dengarkan imam membaca doa qunut dan aminkan pada ke lima lafadz doa qunut pertama untuk sisanya silahkan baca sendiri sampai selesai,

ketika imam membaca kelima ayat ini dan ma’mum hanya menjawab Amiin

Allah hummah dina fiman hadait.
Wa’a fina fiman ‘afait.
Watawallana fiman tawalait.
Wabariklana fimaa a’tait.
Waqinaa syarramaa qadzait.

 

Ketika imam membaca lafadz qunut ma’mum meng aminkan

untuk bacaan seterusnya masih tetap sama dengan doa qunut yang di baca ketika sholat subuh sendiri perbedaan antara doa qunut ketika menjadi iman dan ketika sholat subuh sendiri itu hanya pada awal dari ke lima lafadz diatas, selebihnya tetap sama,

Cara Melakukan Doa Qunut

Doa qunut dilakukan di dalam sholat setelah i’tidal pada rokaat kedua. Cara melakukan doa qunut yakni dengan mengangkat kedua tangan setelah membaca i’tidal pada rokaat kedua sholat subuh dan membaca doa qunut. Setelah selesai membaca doa qunut, kedua tangan yang diangkat untuk berdoa tidak perlu digunakan untuk mengusap muka seperti pada saat selesai berdoa. Namun, langsung melakukan ruku’ dan melanjutkan bacaan dan gerakan sholat lainnya sampai selesai.

Manfaat Membaca Doa Qunut

Doa qunut bukan hanya sekadar doa yang dibaca untuk memohon padaha kepada Allah SWT. Membaca doa qunut memiliki beberapa kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh oleh orang yang membaca doa qunut. Beberapa manfaat membaca doa qunut diantaranya:

  1. Memberikan Petunjuk

Dalam doa qunut terdapat kalimat yang berbunyi “ Allahummahdinii fii man hadaiit” yang berarti bahwa permintaan seorang hamba kepada Allah atas petunjuk. Kalimat tersebut dapat dikatakan sebagai kalimat tawasul, yakni kalimay yang menyebutkan adanya sebuah kenikmatan hidayah sebagaimana Allah SWT memberikan hidayah kepada umatnya yang lain. Membaca doa qunut secara rutin pada sholat subuh, niscaya Allah SWT akan memberikan petunjuk kepada umatnya. Petunjuk yang diberikan bisa berupa ilmu yang bermanfaat maupun amal sholeh seseorang.

  1. Mendapatkan Perlindungan

Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada umatnya agar selamat dari mara bahaya, karena Allah adalah Dzat yang Maha Pengasih dan juga Penyayang. Ketika umatnya meminta perlindungan, maka Allah akan memberikan perlindungan kepada umatnya. Kalimat pada doa qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang memiliki arti berilah hamba keselamatan seperti hamba Mu yang lain yang telah diberi keselamatan. Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada umatnya dengan memberikan keselamatan kepada hambanya yang meminta.

Perlindungan yang diberikan oleh Allah kepada umatnya tidak hanya perlindungan untuk keselamatan di dunia,namun juga memberikan keselamatan di akhirat. Dengan doa qunut, Allah akan menyelamatkan umat manusia dari cobaan yang sedang dilalui agar umat Nya senantiasa ada pada jalan yang lurus dan jalan yang benar.

  1. Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” tidak hanya dipercaya memberikan perlindungan berupa keselamatan. Kalimat tersebut juga dapat memberikan keselamatan dengan menghindarkan umat Nya dari segala macam penyakit, baik penyakit hati dan penyakit yang menyerang badan pada umumnya. Rutin membaca doa qunut dapat menuntun umat manusia agar terhindar dari hal yang menyimpang baik dari segi hawa nafsu maupun dari tahta maupun harta. Selain penyakit hati, membaca doa qunut juga dapat menyehatkan raga agar tidak mudah terserang penyakit fisik.

  1. Memberikan Berkah Terhadap Nikmat Yang Diberikan

Doa qunut juga memiliki kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang berarti berkahilah padaku apa yang sudah Engkau berikan. Kalimat tersebut memberikan penjelasan bahwa Allah akan memberikan kebaikan berupa berkah kepada umatnya. Sedikit banyaknya nikmat yang diberikan Allah kepada umatnya, akan terdapat berkah di dalam setiap nikmat tersebut. Dengan membaca doa qunut pada setiap shalat subuh, Allah SWT akan membrikan berkah terhadap setiap nikmat yang diberikan.

Doa qunut bukan syarat wajibnya sholat, namun bagi madzab Syafii dan Maliki, hukum membaca doa qunut adalah sunnah muakkad, sehingga hampir semua pengikut madzab Syafii dan juga Maliki selalu membaca doa qunut setiap sholat subuh. Meskipun termasuk sunnah, membaca doa qunut memiliki berbagai manfaat yang dapat diperoleh. Tidak ada larangan untuk membaca doa qunut pada sholat subuh. Untuk pengikut madzat Hanafi dan Hambali tidak ada ajaran untuk menambahkan doa qunut pada sholat subuh, namun juga tidak mengurangi ibadah sholat yang mereka lakukan. Membaca doa qunut tergantung pada madzab atau imam yang diikti oleh setiap orang. Meskipun tidak wajib, namun tidak ada salahnya menggunakan doa qunut karena juga memberikan manfaat pada umat manusia.

 

 

 

Leave a Comment