Contoh Surat Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya Secara Detail

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menyaksikan seorang mengirimkan surat pada  seorang yang diinginkannya, Satu di antaranya ialah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan surat permintaan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar Pekerjaan), untuk diantar kepada suatu badan usaha atau lembaga guna memperoleh pekerjaan atau jabatan yang sama sesuai lowongan pekerjaan yang di tawarkan.
Terkadang banyak didapati pelamar yang membuat surat lamaran kerja dengan asal (acak). Mungkin banyak yang berfikir kalau surat lamaran kerja semata-mata normalitas. Tetapi pada intinya, surat lamaran kerja adalah pintu awal peluang pelamar untuk membuktikan kemauan baik untuk perekrut. Jika surat lamaran kerja pelamar bernilai baik (bagus) juga akan terbuka peluang untuk pelamar menuju step kelanjutan rekrutmen.

[top]

Ada banyak hal yang perlu dicermati dalam pembuatan surat lamaran, yakni seperti berikut:

  1. Surat lamaran ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio. Tulisan mesti terang, bersih, serta tak ada coretan. Surat lamaranpun bisa di buat memakai mesin tik atau komputer.
  2. Pelamar mengatakan dirinya sendiri bukan dengan kata ganti kami tetapi saya. Pelamar mesti mengatakan pimpinan lembaga dengan Bapak/Ibu (bila telah jelas pemimpinnya). Jika masih tetap belum juga jelas, bisa segera mengatakan jabatannya.

Unsur- Unsur Surat Lamaran Kerja :
   1. Kepala surat
2. Tempat serta tanggal penulisan surat
3. Salam pembuka
4. Pembuka surat
5. Tujuan surat lamaran pekerjaan
6. Lampiran syarat-syarat yang ditentukan
7. Penutup surat
8. Tanda tangan serta nama jelas pelamar

Jenis -Jenis Surat Lamaran Kerja

Berdasar pada macamnya, surat lamaran kerja ialah jenis surat resmi. Sedangkan menurut isinya, surat lamatan kerja bisa dibedakan jadi tiga jenis yakni :
1. Surat lamaran berdasarkan iklan lowongan media massa, poster maupun internet.
2. Surat lamaran berdasarkan referensi seorang (rekanan).
3. Surat lamaran berdasarkan gagasan sendiri.

Hal-Hal Yang di Perhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Efektif :
1. Kalimat efektif surat lamaran kerja
Sebisa-bisanya jauhi pemakaian kalimat berlebihan dan kalimat yang memiliki kandungan salah paham supaya perekrut lebih gampang mengerti isi surat lamaran. Berikut adalah contoh pemakaian kalimat efektif dalam menulis surat lamaran pekerjaan :
• Hindari penimbunan ide :
Contoh kurang pas : ” Terkait dengan info lowongan pekerjaan di SKH Jawa Pos tertanggal 5 April 2010 jadi saya punya maksud melamar menjadi staf kantor dengan atas nama… di perusahaan yang Bapak Pimpin “.
Contoh kalimat efektif : ” Terkait dengan info lowongan pekerjaan di SKH Jawa Pos tertanggal 5 April 2010 jadi saya bermaksud melamar jadi staf kantor di perusahaan yang Bapak Pimpin “.
• Hindari kerancuan bentuk aktif-pasif :

memiliki kompetensi di bidang tersebut”.

Contoh kalimat efektif : “Meskipun saya belum berpengalaman bekerja, saya memiliki kompetensi di bidang tersebut”.

  • Hindari kalimat mubazir :

Contoh kurang tepat : “Saya adalah merupakan pekerja keras yang sanggup bekerja di bawah tekanan”.

Contoh kalimat efektif : “Saya adalah pekerja keras yang sanggup bekerja di bawah tekanan”.

  1. Bagian-bagian surat lamaran kerja

Ibarat tubuh, surat lamaran kerja memiliki bagian-bagian yang cukup penting untuk diketahui. Bagian-bagian ini dasarnya baku dan tersusun secara berurutan. Berikut adalah beberapa bagian-bagian penting surat lamaran kerja, antara lain :

  • Kepala Surat :

Kepala surat umumnya terdiri dari nama pribadi, alamat lengkap, nomor telepon dan alamat e-mail ataupun situs. Fungsi umum kepala surat adalah agar identitas Anda segera diketahui perekrut. Penulisan nama umumnya ditulis seperti pada penulisan judul, lengkap dengan gelar nama. Perhatikan pula tanda baca dalam penulisan gelar sehingga sesuai dengan EYD. Penulisan alamat lengkap disertai dengan kode pos. Setelah penulisan kepala surat baiknya ditambahkan garis pemisah untuk membedakan kepala surat dengan isi surat.

  • Tanggal Surat :

Penulisan tanggal surat baiknya lengkap (tidak disingkat). Penulisan nama bulan disesuaikan EYD, misal bulan November sebaiknya tidak ditulis dengan Nopember. Penulisan tanggal umumnya diletakkan tepat di bawah kepala surat.

  • Lampiran dan Hal (Perihal): Seperti halnya surat resmi, nomor surat, lampiran dan hal merupakan satu kesatuan. Namun karena surat lamaran kerja tidak mewakili sebuah lembaga/instansi, maka nomor surat dapat ditinggalkan.

Fungsi lampiran adalah untuk menginformasikan apakah surat lamaran kerja Anda disertai dengan dokumen penting lainnya. Kata lampiran tidak perlu ditulis jika memang tidak ada dokumen yang ikut disertakan dalam surat lamaran kerja. Penulisan kata lampiran diikuti dengan tanda baca titik dua (:). Jumlah berkas lampiran ditulis dengan huruf (bukan dengan angka) dan diakhiri tanpa tanda baca.

Fungsi hal (perihal) berkaitan dengan perihal apakah yang hendak disampaikan dalam surat lamaran kerja. Misalnya apakah Anda ingin mengajukan permohonan kerja sebagai guru, staf HRD ataupun kepala bagian. Penulisan kata hal diikuti dengan tanda baca titik dua (:). Penulisan isi perihal tanpa diakhiri tanda baca.

  • Penujuan Surat :

Isi penujuan surat terdiri dari nama penerima surat, nama instansi/lembaga dan alamat penerima surat. Dasar penulisan sama dengan dasar penulisan pada kepala surat, namun ditambahkan kata “Yth.” sebelum nama penerima atau kata “Kepada :” di atas nama penerima, namun tidak dianjurkan menggunakan keduanya secara bersamaan (salah satu saja di antaranya).

  • Salam Pembuka :

Salam pembuka umumnya menggunakan kalimat “Dengan Hormat”, “Assalamualaikum” atau “Salam Sejahtera” diakhiri dengan tanda baca koma (,).

  • Isi Surat :

Isi surat adalah bagian untuk mengemukakan maksud serta menginformasikan sekilas pandang tentang jati diri Anda. Tulislah isi surat secara informatif, efektif dan sistematis. Informatif berarti isi surat Anda mudah dimengerti. Efektif berarti isi surat Anda terfokus dan tidak berlebihan. Sistematis berarti isi surat Anda ditulis secara urut mulai dari pembuka, inti surat hingga bagian penutup. Isi surat sebaiknya tidak terlalu panjang ataupun pendek. Informasi yang umum terdapat pada isi surat lamaran kerja ialah : sumber informasi lowongan, identitas/deskripsi diri singkat, ucapan terima kasih dan ungkapan harapan apabila ada.

  • Salam Penutup :

Salam penutup dapat menggunkan kalimat “Hormat Saya” atau “Wassalamualaikum” diakhiri dengan tanda baca koma (,).

  • Tanda Tangan dan Nama Terang :

Isilah tanda tangan dengan jelas dan ukuran proporsional. Gunakan tinta warna gelap dan netral (hitam/biru). Nama terang dituliskan tepat di bawah tanda tangan, isikan dengan nama lengkap beserta gelar.

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Kesan Individual
Bila Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan yakinkan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Diluar itu butuh juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seorang. Gunakan nama serta jabatan yang khusus jika mungkin. Dengan khusus, untuk surat yang ditujukan pada orang wanita, bila Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh : Ms. Suryanegara.

Ingat : Di Internet serta di MS Word banyak tersedia template atau contoh surat lamaran. Jangan sampai hanya mengkopi contoh-contoh itu. Gantilah sesuai dengan kepentingan Anda.

2. Singkat serta Padat
Janganlah bertele-tele. Tuliskan surat Anda dengan singkat serta padat. Pakai bahasa yang gampang. Pakai kalimat yang umum dipakai. Tidaklah perlu berupaya untuk mengesankan pembaca Anda dengan memakai kalimat yang susah.

Ingat : Janganlah menulis surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin saja terima belasan bahkan juga beberapa ratus surat lamaran. Surat lamaran yang sangat panjang tidak efisien.

3. Rapi serta Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Begitu Anda bisa menuliskan surat lamaran yang bersih dan rapi hingga gampang di baca.

Ingat : Jauhi menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Jauhi menggunakan tip-ex atau semacamnya dalam surat lamaran Anda.

4. Isi
Dalam surat lamaran Anda, ada banyak hal yang perlu dituliskan :

Pembukaan : Katakan di mana Anda memperoleh info mengenai lowongan kerja itu. Misalnya, Anda dapat mengatakan kalau Anda ketahui lowongan kerja itu dari iklan di surat berita, iklan di Internet, atau dari seseorang rekan Anda.
Pekerjaan Anda saat ini : Katakan singkatnya tempat serta bagian pekerjaan Anda sekarang ini. Anda juga butuh bercerita singkatnya perolehan paling utama Anda dalam pekerjaan itu. Supaya memberi deskripsi yang tambah baik, beri info dengan kuantitatif. Umpamanya, ” Saya membawahi lima orang junior manager “. Yang butuh Anda cermati disini, tuliskan cuma beberapa hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik kriteria yang diperlukan dalam iklan lowongan pekerjaan itu. Bila pekerjaan yang Anda lamar yaitu di bagian marketing research, Anda mungkin saja tidaklah perlu bercerita perolehan Anda di bagian logistik.

Pendidikan : Bila latar belakang pendidikan butuh diberitakan, tuliskan singkatnya pendidikan teratas Anda. Bila Anda sempat memperoleh pendidikan di sekolah yang cukup di kenal, sebaiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.
Penutup : Dalam penutup ingatkan pembacanya kalau Anda memiliki hasrat kuat untuk memperoleh pekerjaan itu. Sebaiknya Anda menyebutkan kapan waktu paling baik Anda dapat dihubungi untuk sistem setelah itu. Serta janganlah lupa katakan ” Terima kasih “.

5. Proof Read
Proof read berarti membaca kembali semua tulisan Anda serta meyakinkan semua telah benar. Yakinkan tak ada kekeliruan pengejaan, tak ada kalimat yang diulang atau repetitif, serta tata bhs (grammar) yang dipakai sesuai sama. Dalam program MS Word Anda dapat memakai spell serta grammar checker. Manfaatkanlah! Menurut satu situs, ” Satu kekeliruan dalam ejaan saja dapat mengakibatkan Anda kehilangan peluang yang perlu untuk peroleh pekerjaan “.

Contoh Surat Lamaran Kerja

 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Bagaimana sih rasanya bekerja di PT itu? Bagi yang sudah berpengalaman tentu paham dengan pertannyaan yang saya lontarkan, iya kan? Hal ini dapat terlihat dari hubungan antar karyawan dan atasan. Bagi anda yang ingin mencoba bekerja di Perusahaan, dibawah ini ada contoh surat lamaran kerja di PT yang baik dand benar.

 

22 Januari 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada. Yth.,
Bpk/Ibu personalia

  1. Mandiri Jaya

Jl. Raya Veteran No. 72

Bogor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari PT. Mandiri Jaya yang saya peroleh dari harian Radar Bogor pada tanggal 20 Desember 2017, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan berkonstribusi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian perancangan mekanik dan konstruksi sebagai Teknisi.

Berikut adalah biodata singkat saya,

Nama                                    : Angga Anjasmara Sutomo

Tempat/ Tanggal lahir             : Trenggalek, 24 Februari 1995

Pendidikan Terakhir                : S-1 Teknik Mesin

Alamat                                   : Jl. Raya Kempong Km.09 No.13

Telepon (Hp)                           : 08223345534

Hingga saat sekarang saya sudah ikut beberapa sertifikasi keahlian yang berkaitan dengan posisi pengembangan konstruksi. Dengan demikian saya yakin bisa bekerja sama dengan mumpuni dan baik karena sudah memiliki kemampuan yang cukup.

Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga sisipkan beberapa file pendukung, diantaranya :

  • Foto copy ijazah S1
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto 3×4 yang terbaru
  • Foto copy sertifikat keahlian Mengaplikasikan mekanisme kerja mekanik dasar
  • Foto copy Transkrip Nilai

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak/Ibu personalia amat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi terkait kemampuan dan keahlian saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak/Ibu personalia inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

 

Angga Anjasmara Sutomo

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Bagi anda yang berprofesi sebagai guru SD tentu anda paham dengan murid-murid anda, tingkah laku mereka yang lucu – lucu, tingkah laku mereka masih imut – imut dan lugu, kadang saat kita merasa jenuh, dan letih dengan aktifitas setiap harinya, merekalah yang membuat kita tersenyum, dan bersemanggat lagi dengan senyum mereka yang polos dan demi masa depan mereka, berikut contoh surat lamaran kerja guru.
Malang, 12 September 2017

Kepada Yth :
Kepala Sekolah SMA Arrohmah Putri Malang
Jl. Raya Jambu No.1, Sumbersekar, Dau, Malang, Jawa Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan di Koran Suara Rakyat pada hari Jum’at tanggal 7 September 2017 yang menyebutkan bahwa SMA Arrohmah Putri Malang butuh tenaga guru bidang studi Matematika, maka dengan ini saya:

Nama : Anisa Putri, Spd
Tempat dan tanggal lahir : Blora, 21 Agustus 1979
Alamat : Jl. Panglima Soedirman No. 12B, Sumberejo, Blora
Pendidikan terakhir : Fakultas Ilmu Matematika, Institut Teknologi Bandung

Bermaksud melamar untuk menjadi guru bidang studi Matematika di SMA Arrohmah Malang.
Pengalaman kerja yang saya dapatkan sebelumnya adalah menjadi tenaga pendidik di lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation di Yogyakarta dan sudah menempuh 2 tahun mengajar di SMU Negeri 1 di Palembang untuk mata pelajaran Matematika.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Ijazah dan transkrip nilai terakhir
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Foto copy surat pengalaman kerja
  5. Pas foto ukuran 3 x 4 terbaru sebanyak 3 lembar

Saya berharap besar supaya dapat berkontribusi di SMA Arrohmah Malang menjadi guru bidang studi Matematika.
Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dari Bapak Kepala Sekolah SMA Arrohmah Malang, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Anisa Putri, Spd

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Kita mengetahui begitu banyak orang yang ingin mendaftar CPNS, menjadi PNS adalah cita-cita bagi kebanyakan orang karena memiliki penghasilan yang jelas, berikut cara membuat surat lamaran kerja CPNS.

Bandung, November 2017

Kepada Yth,

BUPATI Sukabumi

Up. Kepala Badan Kepegawaian Daerah

Kabupaten Sukabumi

Di –

Bandung

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                       : H. Hamid Fatahillah, SE

Tempat, Tanggal Lahir                         : Sukabumi, 06 Februari 1990

Usia pada Tanggal 01/01/2017            : 28 Tahun, 1 Bulan

Jenis Kelamin                          : Laki-laki

Agama                                     : Islam

Pendidikan                               : S-1 Ekonomi / Ekonomi Pembangunan

Alamat : Jalan Bukit Tunggul No. 12 RT.04 RW.04 Karang Boto Sukabumi 43111

Nomor Telepon : 08217654343

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bayak, supaya sekiranya dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, dengan jabatan……………(kode jabatan : ……….).

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar,
  2. Foto copy ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar.
  3. Foto copy kartu pencari kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

 

  1. Hamid Fatahillah, SE

Catatan :

kode jabatan dapat dilihat pada pengumuman

Contoh Surat Lamaran Sederhana

Jakarta, …………………………

Kepada Yth,

HRD Manager

PT…………………

Di Tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : ………………

Jenis Kelamin              : …………

Agama                         : ………..

Pendidikan/Jurusan     : ……………

Alamat                        : ……………….

No. Telepon/HP : ………….

Dengan ini menyampaikan lamaran pekerjaan dengan harapan sekiranya saya dapat diterima bekerja sebagai karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan atas lamaran ini, berikut saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae
  2. Photocopy Transkrip Akademik
  3. Photocopy KTP
  4. Pas Photo ukuran 3×4 sebanyak 1 (satu) lembar
  5. Photocopy sertifikat Lab

Demikianlah permohonan ini disampaikan, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Surabaya, 18 Agustus 2017

Kepada Yth,

Bpk/Ibu Pemimpin Cabang

PT Bank Central Asia (Persero) Tbk

Kantor Cabang Surabaya

Jl. Raya Kendangsari Industri No.2

di

Surabaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Surabaya Post tanggal 15 Agustus 2017 bahwa PT. Bank BCA Cabang Surabaya sedang membutuhkan petugas AO (Account Officer) yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun, dengan ini saya :

Nama                                       :           Ratna Anjasari Putri

Tempat/Tanggal Lahir :           Depok, 11 Februari 1985

Jenis Kelamin                          :           Perempuan

Pendidikan Terakhir                :           D3 Akuntansi

Alamat                                                :           Jl. Pangeran Diponegoro No. 12 Kel. Genting Kalianak Kec. Asemrowo Kota Surabaya

HP                                           :           08378563412

Email                                       :           ratnaanjasari85@gmail.com

Mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas AO di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk dijadikan pertimbangan Bapak, saya juga lampirkan dokumen-dokumen berikut ini :

  1. Pas foto warna 3 x 4
  2. Pas foto warna 4 x 6 (Full Body)
  3. Foto copy Ijazah SMP, SMA dan D3
  4. Foto Copy KTP
  5. CV (Curiculum Vitae)
  6. Surat Keterangan Belum Menikah
  7. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian
  8. Sertifikat Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu

Hormat Saya.

 

 

Ratna Anjasari

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Manajer Tim Ahli Pemasaran

  1. Sumber Makmur– Digital Art

Jl. Pangeran Diponegoro– Raya No. 333

Kab. Blitar

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Sumber Makmur– Digital Art yang dimuat di harian Kompas tanggal 15 April 2018. Saya mengajukan diri untuk berkontribusi ke dalam Tim Pemasaran di PT. Sumber Makmur– Digital Art.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                           :……………………

Tempat, tgl. Lahir       : ………………

Pendidikan Akhir        : …………………

Alamat                                    : …………………………………

Telepon (HP)               : ………………………

e-mail                          : ……………………………

Status Perkawinan : (single/nikah)

Saya berada pada keadaan jasmani rohani yang sehat dan baik, dan mampu berbicara dan menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris. Saya juga mempunyai Latar belakang pendidikan yang cukup dan memiliki keahlian dalam negosiasi dan marketing yang mumpuni. Saya pula terbiasa bekerja dengan hal yang berhubungan dengan komputer. Terlebih lagi menjalankan aplikasi paket MS Office, seperti Out Look, Acces, Word, Excel, Power Point, serta internet, ataupun surat-menyurat dengan Bahasa Inggris.

Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  3. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  4. Pas foto terbaru.

Saya memohon Bapak/Ibu sekiranya berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa memberikan penjelasan dengan lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

Leave a Comment